Mohon Doa Restunya

Bojonegoro Langsung Rapat Umum

Bojonegoro Langsung Rapat Umum


Hari pertama masa kampanye terbuka Pemilu Legislatif (Pileg) 2009 dimulai hari ini (16/3). Di Bojonegoro, kampanye terbuka langsung dimulai dengan rapat umum 17 parpol peserta pemilu. Tak ingin kecolongan, Panwaskab Bojonegoro ancang-ancang untuk memantau segala gerak-gerik massa peserta kampanye. Utamanya, kemungkinan penyeberangan massa kampanye dari satu daerah pemilihan (dapil) ke dapil lainnya.

Ketua Panwaskab Bojonegoro Arief Januarso mengatakan, pergerakan massa peserta kampanye yang menyeberang dapil ini adalah salah satu modus pelanggaran administrasi. "Potensi penyeberangan massa kampanye dari dapil lain ini sangat besar. Untuk itu, kami telah menginstruksikan panwascam dan PPL (panitia pengawas lapangan/tingkat desa) untuk terus memantaunya," ujarnya kemarin (15/3).

Selain penyeberangan massa, lanjut Ayik, panggilan Arief Januarso, modus pelanggaran administrasi yang juga diwaspadai adalah pemakaian kaus parpol. Yakni, sekelompok orang yang memakai kaus satu parpol, sementara parpol bersangkutan tidak ada jadwal kampanye di dapil tersebut. Untuk itu, dia minta panwascam dan PPL segera melaporkan temuan pelanggaran administrasi. Sehingga, panwaskab segera bisa menindaklanjutinya dengan proses hukum lebih lanjut. "Jika pelanggaran administratif, kami teruskan ke KPUK. Jika pidana, diteruskan ke polres." Anggota KPUK Bojonegoro Divisi Kampanye Mundzar Fahman mengaku belum dapat tembusan pemberitahuan dari parpol yang dijadwalkan menggelar kampanye hari ini.

"Secara teori, mestinya kami (KPUK) juga menerima tembusan pemberitahuan itu. Tapi hingga kemarin (Sabtu, 14/3) kami belum menerima. Tapi, mungkin saja para pengurus parpol sudah mengirimkannya ke polres," ujar mantan direktur Radar Bojonegoro ini.

Mundzar menjelaskan, KPUK hanya menjadwal kampanye rapat umum mulai hari ini hingga 5 April. Sehingga, hal-hal di luar ketentuan itu tak diatur oleh KPUK. Sementara itu, untuk hari pertama ini ada 17 parpol yang menggelar kampanye mulai nomor urut 1-18. Kecuali parpol nomor urut 10 karena tidak mendaftarkan calegnya di KPUK katanya.

Sumber :http://www.bojonegorokab.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Mari Bersama-sama kita bangun BOJONEGORO lebih baik.